Menjelajah Fenomena Keindahan Goa Maharani

Crazy Family Club kae lho…

Pendahuluan 12/04/2009

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Indonesia memilki banyak pesona wisata yang menarik mulai dari obyek wisata alam, wisata budaya maupun keindahan wisata buatan manusia. Keindahan obyek wisata alam yang bisa dinikmati misalnya pantai, goa, wisata hutan, keindahn alam pegunungan dll. Sedangkan untuk wisata budaya dapat menikmati dengan melakukan kunjungan wisata ke berbagai daerah yang menawarkan pesona budayanya sebagai obyek wisata misalnya di bali, bromo (upacara kasodo), dll. Pesona obyek wisata ini tentunya memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan daerah setempat khususnya dan umumnya bagi Indonesia sendiri. Oleh karena itu, banyak objek wisata yang terus dikembangkan saat ini.

Keindahan wisata alam indonesia ini juga dapat dinikmati di Jawa Timur misalnya Wisata alam Goa Maharani di Lamongan yang tentu saja banyak menyimpan rahasia budaya dan keindahan alam di dalamnya.


Di Paciran, terdapat keindahan alam nuansa pariwisata yang dapat mengajak kita ke dalam balutan sejarah silam. Tiada lain adalah Gua Maharani. Dulu, kebanyakan orang pasti merasa masih asing kalau mendengar nama Pantai Tanjung Kodok dan Gua Maharani. Kedua objek wisata yang terdapat di Kabupaten Lamongan ini sebelumnya tak begitu dikenal pehobi wisata jalan-jalan. Kalaupun ada yang sudah pernah ke sana, mereka hanya singgah sebentar di dua objek tersebut.

Minimnya fasilitas membuat para wisatawan hanya sambil lalu saat berkunjung ke sana. Namun, sekarang tak lagi seperti dulu, bisa dibilang apa yang dilakukan Pemkab Lamongan dengan menyulap dua objek itu menjadi kawasan wisata terpadu sungguh terobosan luar biasa. Daerah wisata yang bertempat di Jalan Raya Daen-deles (Pantura) itu kini mulai terkenal sampai ke luar Lamongan, bahkan hingga ke luar Provinsi Jawa Timur (Jatim). Kini tempat itu menjadi salah satu katalog agenda wisata keluarga di Jatim. Selain Jatim Park I di Batu, Sengkaling di Malang, atau Pantai Ria Kenjeran di Surabaya, warga Jatim bisa memilih WBL sebagai salah satu tempat tujuan melepas penat bersama keluarga.


Alasan itulah yang menjadi penguat mengapa kelompok kami memilih pembahasan obyek wisata alam Goa Maharani di Lamongan dalam penyusunan makalah ini.

1.2 RUMUSAN MASALAH

Berpijak latar belakang diatas maka dapat ditarik beberapa rumusan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimana sejarah penemuan Goa Maharani?

2. Bagaimana proses terbentuknya Goa Maharani?

3. Bagaimana perkembangan obyek wisata Goa Maharani?

1.3 TUJUAN PENULISAN

Dari perumusan masalah diatas maka dapat diketahui bahwa tujuan penulisan makalah ini adalah :

1. Untuk mengetahui sejarah penemuan Goa Maharani

2. Untuk mengetahui proses terbentuknya Goa Maharani

3. Untuk mengetahui perkembangan obyek wisata Goa Maharani

1.4 MANFAAT

Manfaat dari penulisan makalah ini tidak lain sasaran utamanya ialah agar dapat membantu pemerintah dalam pengembangan pariwisata sehingga semakin menarik minat masyarakat yang akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi negara sendiri.

Selain itu, dapat memberikan tempat bagi masyarakat untuk melepaskan rasa penat setelah sebelumnya menjalani hari-hari aktif dengan penuh/berbagai aktivitas. Sehingga masyarakat pada khususnya dapat menikmati berbagai obyek wisata yang salah satunya ialah Goa Maharani yang kian hari kian memukau karena keelokannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s